18 February 2017

Cobalah Hal Berikut Untuk Meningkatkan BPK Google Adsense

Taugitu.com, BPK merupakan sebuah istilah yang dikenal dalam dunia periklanan online, BPK merupakan singkatan dari Biaya Per Klik atau dalam bahasa bule disebut dengan Cost Per Click (CPC). Sesuai dengan namanya, BPK merupakan nilai bayaran yang diperoleh oleh para publisher dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh visitor/pengunjung, nominalnya berbeda-beda tergantung jenis iklan, jumlah iklan yang terpasang,  kesesuaian iklan dengan konten dan darimana pengunjung yang melakukan klik berasal. Saya pribadi bukanlah orang yang menguasai seluk beluk adsense, karena saya baru bergabung menjadi publisher Google Adsense kurang lebih 2 tahun, namun saya akan berbagi pengalaman bagaimana agar kita mendapatkan BPK yang tinggi.

Menaikkan BPK Iklan Adsense

Oke, langsung aja 
  • Buat blog yang memiliki konten dan topik yang spesifik, tujuannya adalah untuk identitas blog dan menarik pengunjung tetap, misalkan blog/situs kamu bertopik tentang biologi, maka pengunjung akan lebih mengingat blog kamu yang isinya membahas semua yang berkaitan dengan biologi, selain itu mayoritas pengunjung blog adalah mereka yang berkutat dengan pelajaran biologi, misalkan anak sekolah dan mahasiswa, selain itu blog yang memiliki topik khusus, akan memudahkan penulis dalam membuat artikel dan menentukan target pengunjung. Selain itu juga, iklan yang muncul dalam blog/situs juga lebih sesuai dengan topik.
  • Pilih topik yang masih jarang dibahas, saya yakin hampir semua topik pasti sudah ada di google, namun pasti ada beberapa topik yang belum banyak dibahas oleh para penulis.
  • Buat artikel asli/original dengan panjang kata minimal 1000 kata. Apakah orisinal itu harus berdasarkan pengalaman pribadi dan asli hasil penemuan pribadi ? Jawabnya tidak juga, original menurut saya tidak harus menulis artikel yang belum pernah ditulis orang lain dan topik baru, kita bisa menulis artikel sama dengan penulis lain, bahkan kita bisa mengambil dari sumber lain, namun tentunya kita harus pintar-pintar mengolah kata dan menyajikannya dengan baik, agar tulisan kita lebih menarik dibandingkan karya penulis lain yang membahas masalah yang sama, selain tulisan jangan lupa melengkapi setiap artikel dengan gambar karya anda sendiri.
  • Pasang dan tempatkan iklan sebagaimana yang disarankan oleh google adsense, hal ini agar kinerja iklan lebih optimal, yaitu diposisi header, sidebar dan dalam artikel. Selain itu, pilih ukuran unit iklan yang sesuai dengan model template blog/website kamu, penempatan dan pemilihan jenis iklan yang tepat juga berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung, jika kamu bingung iklan mana yang baik, sebaiknya pilih jenis iklan yang DISARANKAN oleh google adsense, jangan memasang iklan secara berlebihan karena hanya akan mengurangi penilaian pengunjung terhadap blog/situs kamu, meskipun kebijakan pembatasan jumlah unit iklan, tidak diberlakukan lagi oleh google.
  • Usahakan buat situs berbahasa inggris, cara yang satu ini memang butuh kerja keras, selain kamu harus menguasai materi, kamu juga wajib menguasai grammar, syukur - syukur kamu menguasai bahasa asing lainnya. Iklan yang terpasang pada blog dengan bahasa asing memang dikenal memiliki BPK yang lebih besar jika dibandingkan dengan blog lokal, saya kurang tahu alasanya, tapi mungkin juga sebaliknya, BPK yang didapatkan oleh pengelola situs luar negeri mungkin juga kecil jika yang melakukan klik iklan berasal dari pengunjung di negara mereka, namun bisa juga BPK lebih besar jika pengunjungnya dari lndonesia.
  • Isi deskripsi penelusuran dengan bahasa inggris. Saya menyarankan ini kepada kamu yang memiliki blog/situs dengan konten bahasa Indonesia, tujuannya yaitu untuk memunculkan deskripsi artikel kamu dalam pencarian menggunakan bahasa inggris, bahasa inggris dipilih karena merupakan bahasa internasional, tujuan lainnya yaitu untuk menarik pengunjung dari luar negeri, dan biasanya jika mereka melakukan klik iklan, BPKnya lebih besar dibanding BPK dari hasil klik pengunjung dalam negeri, meskipun tidak selalu demikian.

Nah, cara diatas adalah sedikit pengalaman dari saya, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk menaikkan BPK, banyak para publisher menyarankan, bahwa jika ingin mendapatkan BPK yang tinggi, buatlah situs yang membahas tentang kesehatan ataupun otomotif dan dalam bahasa inggris, namun saya pribadi kurang tertarik dengan kedua topik tersebut, namun jika kamu punya kemampuan bahasa asing dan ingin menulis artikel yang menargetkan pengunjung internasional, dan mudah mendapatkan sumber tulisan, saya sarankan kamu menulis tentang kekayaan indonesia, kamu bisa menulis tentang keanekaragaman budaya indonesia, seperti tarian, suku-suku bangsa, adat istiadat, senjata traditional,  cagar budaya, hewan endemik, resep masakan Indonesia, jamu, dan hasil karya dari masing-masing daerah seperti batik dan l ulasan tempat wisata di Indonesia. Kamu hanya butuh mencari artikel yang membahs semua itu dan merubahnya kedalam bahasa asing, lebih baik jika kamu menguasai bahasa selain inggris, seperti bahasa Belanda, Perancis, Jerman, Spanyol, dan Arab, karena kebanyakan turis yang datang ke Indonesia berasal dari negara-negara tersebut.

Terima kasih sudah memyempatkan berkunjung dan membaca, salam sukses.

1 komentar so far

Terima kasih ulasannya begitu bermanfaat buat saya

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon