13 November 2019

Kendala Pendaftaran di Situs SSCN dan Solusinya

Taugitu.com, Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 telah resmi dibuka sejak 11 November lalu, minat para pendaftar untuk lolos menjadi abdi negara nampaknya semakin meningkat dari tahun ke tahun, hal tersebut sedikit banyak dipengaruhi adanya perbaikan sistem rekrutmen CPNS yang semakin transparan, dan juga semakin meingkatnya kesejahteraan PNS melalui pemberian tunjangan kinerja / remunerasi dari pemerintah.

Berdasarkan pantauan admin, ada beberapa masalah teknis yang dihadapi oleh para pelamar saat melakukan pendaftaran di situs https://sscn.bkn.go.id/. Diantaranya tidak adanya pilihan nama kota atau daerah lahir, baik yang lahir didalam negeri maupun luar negeri.

Selain hal itu, ada bebrapa calon pelamar CPNS yang juga mengeluhkan tidak adanya nama Perguruan Tinggi dan juga NIK sudah terdaftar.



Sebenarnya hal-hal tersebut telah diantisipasi oleh BKN, oleh karena itu sebelum pendaftar menanyakan masalah dalam pengisian pendaftaran di SSCN ada baiknya membaca terlebih dahulu FAQ yang terdapat di situs sscn.

berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering menjadi kendala saat mengisi data di situs sscn :

Pertanyaan : Bagaimana jika data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP, Tanggal Lahir sesuai KTP saya tidak ditemukan/tidak sesuai di halaman Akun?
Jawaban :  Pendaftar menghubungi Dinas Dukcapil Kab/Kota masing-masing untuk konsolidasi data dan Menghubungi call center Halo Dukcapil, dengan mengirimkan data sesuai format berikut:
# NIK
# Nama_Lengkap
# Nomor_Kartu_Keluarga
# Nomor_Telp
# Permasalahan

Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil:
Hotline : 1500537
WA : 08118005373
SMS : 08118005373
Email : callcenter.dukcapil@gmail.com

Pertanyaan : Bagaimana jika data tempat lahir saya tidak ada di referensi?
Jawaban : Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat Anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang Anda ketikkan benar. Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka dapat melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan menuju ke halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn

Pertanyaan : Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?
Jawaban : Anda dapat mengganti instansi yang telah Anda pilih selama Anda belum mengklik tombol "Akhiri Pendaftaran".
Apabila Anda telah mengakhiri pendaftaran, Anda tidak dapat melakukan perubahan kembali.

Pertanyaan : Bagaimana jika muncul informasi “NIK sudah terdaftar” ketika membuat akun pendaftaran?
Jawaban : Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “NIK didaftarkan orang lain” dan lengkapi form isian yang tersedia.

Pertanyaan : Bagaimana jika Perguruan Tinggi saya tidak tersedia di referensi?
Jawaban : Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “Perguruan Tinggi Tidak Ditemukan” dan lengkapi form isian yang tersedia.

Hal tersebut diatas adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pelamar, untuk permasalahan lain dan solusinya silahkan klik disini

Silahkan tinggalkan komentar jika anda memiliki permasalahan pendaftaran di situs sscn yang belum terselesaikan

Manusia biasa yang pingin pinter dan berguna buat diri sendiri dan orang lain.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon