Tuesday

Cara Memperbaharui E-KTP yang Rusak ke Dukcapil

Taugitu.com, E-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik, wajib dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia yang telah berumur 17 tahun keatas, E-KTP saat ini berlaku seumur hidup dan tidak perlu diganti kecuali jika ada perubahan data, missal perubahan status perkawinan, status domisili atau perubahan agama.

Meskipun berlaku seumur hidup, seringkali E-KTP mengalami kerusakan fisik, mulai dari memudarnya data identitas maupun retak secara fisik, sehingga seringkali menyebabkan E-KTP tidak dapat digunakan dalam berbagai transaksi, semisal transaksi keuangan

Cara Memperbaharui E-KTP yang Rusak ke Dukcapil
Image source by tribunnews.com


Agar E-KTP yang rusak dapat digunakan kembali sesuai dengan fungsinya, maka pemilik E-KTP yang rusak dapat mengurusnya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dilengkapi untuk memperbaharui E-KTP yang rusak


•  Surat Pengantar RT/RW
•  Formulir Permohonan KTP/F-1.07 dari Kelurahan
•  Fotocopy KK
•  E-KTP Rusak
•  Fotocopy Ijazah / Akta Kelahiran
•  Fotocopy Surat Nikah / Akta Perceraian / Surat Kematian (bagi perubahan status)

Baca Juga : 



Jika sudah lengkap, silahkan mendatangi loket pelayanan pembuatan KTP/KK di Dinas Dukcapil setempat, pemohon tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil tempat pertama kali KTP diterbitkan, misalnya KTP diterbitkan di Kota Solo, dan anda bisa mengajukan permohonan perbaikan E-KTP di Kota Semarang.

E-KTP yang rusak bisa langsung diperbaharui, dengan catatan blanko E-KTP tersedia dan tidak ada antrian penerbitan sebelumnya.

Pembaharuan E-KTP rusak tidak dikenakan biaya alias Gratis. Anda tidak perlu mengurusnya melalui jasa calo.

Sedangkan bagi pemohon yang E-KTP baru karena hilang, pemohon hanya perlu menambahkan persyaratan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian

Demikian artikel Cara Memperbaharui E-KTP yang Rusak ke Dukcapil, semoga bisa membantu bagi anda yang mencari informasi terkait Cara Memperbaharui E-KTP yang Rusak, semoga bermanfaat !

Manusia biasa yang pingin pinter dan berguna buat diri sendiri dan orang lain.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon