09 April 2015

Tampilan Versi Seluler Blog Tidak Aktif ! Bersiaplah Kehilangan Pengunjung

Taugitu.com, Apa itu tampilan blog versi seluler ? Tampilan versi seluler adalah tampilan blog yang secara otomatis dapat menyesuaikan dengan perangkat seluler / smartphone yang digunakan untuk mengakses blog tersebut. Untuk menampilkan halaman blog menjadi versi seluler, kita harus menseting pengaturan pada template. Namun kini, sudah banyak tersedia template blog yang responsif yang mendukung tampilan versi seluler secara otomatis atau biasa diistilahkan dengan desain Mobile-Friendly yang dapat di download secara gratis. perbedaan tampilan versi seluler dari template standard bawaan blogger dengan template responsive memang cukup berbeda, tampilan versi seluler bawaan blogger, lebih sederhana, sedangkan tampilan versi seluler menggunakan template responsive tampilannya jauh lebih bagus, karena semua element template yang muncul di versi dekstop dimunculkan pula di versi seluler, sedangkan pada template standar blogger, tidak semua element ditampilkan, kecuali jika kita melakukan perubahan pada struktur HTML Template blog.


Template Seluler Mobile-Friendly
Tampilan Mobile-Friendly template standard dan responsif
Beberapa hari lalu, saya membaca sebuah artikel milik mas sugeng, tentang pentingnya Desain Mobile-Friendly, tampilan Mobile-Friendly ternyata sangat berpengaruh menambah jumlah visitor, khususnya para pengguna internet yang menggunakan perangkat seluler/smartphone, kenapa demikian ?  Karena dengan menampilkan blog dengan desain Mobile-Friendly mempermudah para pengguna internet mengakses blog menggunakan perangkat selulernya, dibandingkan jika blog menggunakan tampilan versi dekstop, tentunya visitor menjadi malas membuka blog yang tetap menampilkan tampilan dekstop ketika diakses mengunakan perangkat seluler. Indikator suatu situs atau blog menggunakan tampilan versi Mobile-Friendly atau tidak, dapat dilihat ketika melakukan searching di google menggunakan perangkat mobile/seluler. Dengan munculnya tulisan Mobile-Friendly dibawah judul blog pada mode pencarian, memungkinkan para pengguna internet lebih memilih blog Mobile Friendly daripada blog yang tidak menampilkan keterangan Mobile Friendly, meskipun keduanya membahas masalah yang sama. Mungkin inilah yang dimaksud oleh mas Sugeng, bahwa menampilkan Blog Versi Seluler dapat meningkatkan jumlah pengunjung, dan bagi mereka yang enggan menggunakan Blog tampilan seluler/Mobile-Friendly harus bersiap-siap kehilangan pengunjung.

Namun ada sedikit permasalahan, ternyata tidak semua blog yang menggunakan template Responsive terdeteksi sebagai blog Mobile-Friendly pada mode pencarian google pada perangkat Seluler/smartphone. Hal ini juga saya alami, beberapa blog saya menggunakan template Responsive, dan semuanya telah saya uji di Pengujian Situs Mobile-Friendly milik google dan hasilnya adalah semua blog milik saya Mobile-Friendly. Namun ketika saya mencoba searching  alamat blog di pencarian menggunakan smartphone, blog tersebut tidak terdeteksi sebagai Blog Mobile-Friendly, meskipun sebenarnya Mobile-Fiendly. Nah jika sobat yang menggunakan template Responsive dan ingin menerapkan tampilan versi desain Mobile-Friendly dan dikenali oleh mesin Pencarian Google versi Seluler, silahkan mencoba tips berikut :

Login ke menu administrasi >> Template >> klik roda gigi pada versi seluler, nah bagi sobat yang sebelumnya menggunakan template standard bawaan dari google/blogger, silahkan memilih jenis tampilan dalam kotak berwarna hijau, namun bagi sobat yang menggunakan template responsive silahkan memilih tampilan khusus teks merah, kemudian simpan.

Mengaktifkan Versi Seluler
Cara Mengaktifkan Tampilan versi seluler pada Blogspot

Nah, satu tips tambahan bagi sobat yang memasang widget adsense, biasanya pada beberapa template responsif ketika diaktifkan mode seluler, iklan AdSense dan beberapa widget akan hilang/tidak muncul, untuk memunculkannya, catat ID widget yang ingin dimunculkan, kemudian silahkan masuk ke template, cari ID Widget tersebut dan tambahkan kode berikut mobile='yes' misalkan kode ID Widget HTML adalah sebagi berikut <b:widget id='HTML2' locked='false' title='' type='HTML'> maka sobat harus merubahnya menjadi seperti berikut, <b:widget id='HTML2' locked='false' mobile='yes'  title='' type='HTML'> mudah bukan ! dengan mengaktifkan fitur ini, jumlah pengunjung sobat insyaAllah akan naik, dan pendapatan Adsense pun turut naik. Jika sobat belum tau caranya mengetahui kode ID Widget silahkan baca artikel saya sebelumnya di link ini : http://www.taugitu.com/2015/04/cara-mudah-menyembunyikan-widget-blog.html dan untuk mengetahui Blog sobat Mobile-Friendly atau tidak silahkan cek melalui link ini : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Semoga bermanfaat, dan sukses buat kamu..!!!


Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon