06 May 2015

Cara Merubah File Microsoft Office Ke PDF Tanpa Sofware

Taugitu.com, Siapa yang tak tau dengan Microsoft Office, perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan perusahaan raksasa microsoft tersebut, sejak lama telah digunakan pengguna perangkat komputer, keberadaan software ini seperti tak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari, khususnya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan sekolah, kuliah dan perkantoran. Software yang dijalankan dibawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X ini, dilengkapi dengan berbagai tool yang memudahkan penggunanya dalam bekerja khususnya dalam membuat sebuah file dokumen. Beberapa aplikasi didalam Microsoft Office yang terkenal diantaranya word, excel dan PowerPoint.

Nah, jika sobat adalah pengguna salah satu aplikasi dari Microsoft Office, tentunya sudah sangat familiar dengan beberapa aplikasi yang saya sebutkan diatas. Namun saya yakin, masih banyak para pengguna yang belum mengoptimalkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Seseorang yang bekerja pada bidang pekerjaan yang sangat memprioritaskan keamanan file dokumen, dan sering berbagi file dengan orang lain  dengan tetap berkeinginan mempertahankan format file, maka orang tersebut membutuhkan format file yang akan terlihat sama jika diakses oleh hampir semua komputer, memiliki ukuran yang kecil, dan sesuai dengan format industri. Format file yang saya maksud adalah format PDF.

Word To PDF

Format PDF atau Portable Document File adalah format file yang mampu mempertahankan pemformatan (margin, jenis teks, gambar, table dll) file asli. File PDF sangat cocok digunakan menyimpan file dokumen hukum, buletin,  dokumen keuangan, file yang dimaksudkan untuk dibaca dan dicetak saja, serta file yang ditujukan untuk pencetakan profesional. Nah, Kali ini saya akan berbagi cara bagaimana Merubah File Microsoft Office Ke Format PDF Tanpa Software. Kenapa demikian ? Karena sebenarnya Microsoft Office telah menyediakan opsi penyimpanan file dalam format PDF. Namun ini hanya berlaku untuk perangkat lunak Microsoft Office 2007 update, Microsoft Office 2010 dan 2013.

Merubah Excel Ke PDF
Untuk merubah file Excel menjadi PDF yaitu
  1. Buka dokumen file Excel
  2. Klik Tab File
  3. Pilih Save as / simpan sebagai
  4. Isi nama file
  5. Opsi format File pilih PDF
  6. Simpan
Jika menggunakan OneNote 2013 caranya hampir sama dengan cara diatas, namun sedikit berbeda

Klik tab File > pilih Ekspor > Ekspor saat ini > pilih format PDF > klik Ekspor dan beri nama file > Simpan

Merubah PowerPoint Ke PDF

  1. Buat File PowerPoint
  2. Klik tab File
  3. Pilih Save as/simpan sebagai
  4. Isi nama dokumen
  5. Klik opsi format dan pilih PDF
  6. Simpan

Merubah File Publisher Ke PDF

  1. Buat atau buka file Publisher
  2. Klik tab File
  3. Pilih Save As/Simpan sebagai
  4. Isi nama file dokumen
  5. Pilih opsi PDF
  6. Jika ingin merubah resolusi gambar silahkan klik tingkat lajut > Opsi Cetak > Ok
  7. Simpan

Merubah Word Ke PDF

  1. Buka / buat file word
  2. Klik tab File
  3. Pilih Save as/Simpan sebagai
  4. Isi nama file
  5. Klik Opsi format file dan pilih PDF
  6. Simpan

Merubah File Acces Ke PDF

  1. Buka / buat file tabel atau laporan
  2. Klik tab Data Eksternal pada grup Ekspor, klik PDF atau XPS
  3. Isikan nama file
  4. Opsi simpan pilih PDF, jika membutuhkan dokumen dengan kualitas tinggi, klik standar, jika lebih mementingkan kualitas file daripada kualitas pencetakan klik ukuran minimum
  5. Pilih Opsi untuk mengatur halaman yang ingin dicetak, pada pilihan output klik OK
  6. Terakhir pilih Terbitkan

Bagaimana sobat ? Cukup mudahkan ! Silahkan bereksperimen dengan jenis format lainnya. Jika sobat ingin merubah file, maka harus merubah file aslinya dan merubahnya kembali ke file PDF, namun jika tidak lagi mempunyai file aslinya, maka dapat mengunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Adobe Acrobat PDF dan aplikasi lainnya. Dan untuk mempermudah melihat hasil dari konversi file, silahkan terlebih dahulu menginstall aplikasi pembaca file PDF semisal Acrobat Reader.

Demikian artikel sederhana ini, semoga memberi manfaat.

2 komentar

Pada versi-versi terbarunya memang Microsoft Office makin memberikan kemudahan bagi penggunanya, kalau ada tutorial tentang Cara merubah File Microsoft office ke pdf bisa membantu bagi yang cukup awam soal aplikasi ini.

Bener om, sy pun baru tau jika powerpoint bisa dipake utk bikin dadar gulung hehehe

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon