09 May 2015

Percepat Loading Blog Dengan Mengcompress Gambar

Taugitu.com, Apa kabar sobat blogger ? moga-moga pada sehat yah.. kali ini saya akan membahas Bagaimana cara meng-compress dengan mudah gambar, tanpa mengurangi kualitas gambar agar proses loading blog lebih cepat. Mengapa compress gambar diperlukan ? gambar yang baik adalah gambar yang mempunyai kualitas yang baik dan ukuran file yang kecil, karena ukuran file gambar berpengaruh pada kecepatan blog saat diakses, baik melalui perangkat mobile ataupun melalui dekstop.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengarungi kecepatan proses loading pada blog, bukan hanya dipengaruhi oleh gambar saja, melainkan bisa dari komposisi pada html template, video, cache, kecepatan internet dan semua konten dalam blog. jika sobat ingin mengetahui kecepatan loading blog milik sobat, silahkan mengunjungi halaman PageSpeed Insights milik google di url https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ kemudian masukkan URL alamat blog sobat dan klik analisis, akan muncul hasil analisis dari tool tersebut, setiap analisis dari Google PageSpeed Insights selalu disertakan saran untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog.

analisis PageSpeed Insight
Hasil Analisis Google PageSpeed Insight
Jika salah satu masalahnya adalah ukuran file gambar yang terlalu besar, maka sobat harus menghapus gambar tersebut, dan mengantikannya dengan gambar yang lebih kecil ukurannya. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan meresize ukuran gambar dengan tool edit gambar dari Windows, namun terkadang, memperkecil ukuran file menggunakan tool dari windows membuat kualitas gambar juga ikut menurun, misalkan gambar menjadi kabur atau kurang jelas. Untuk mengurangi ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitas gambar, sobat dapat menggunakan tool compress gambar dari pihak ketiga. salah satunya yaitu menggunakan compress gambar online. Situs penyedia compress gambar yang cukup bagus menurut saya adalah, compressjpeg.com. Untuk mengcompress gambar melalui situs tersebut langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Kunjungi http://compressjpeg.com
  2. klik Upload Files dan pilih gambar, proses akan berjalan beberapa detik
  3. Klik download  

Proses Compress Gambar
Jika sobat ingin mengcompress gambar berformat PNG, maka sobat tinggal mengKlik tombol PNG pada sudut kanan atas, bahkan sobat juga bisa mengcompress file PDF melalui situs tersebut. Jika gambar yang dicompress telah sobat download, maka upload gambar tersebut ke blog untuk menggantikan gambar sebelumnya yang berukuran lebih besar, kemudian lakukan test kecepatan loading blog sobat melalui PageSpeed Insight.

Demikian artikel Percepat Loading Blog Dengan Mengcompress Gambar, semoga bermanfaat !

5 komentar

bermanfaa om..

ngomong2 yang ini yang om mau di non hosed kan?

Iya om.. Lagi belajar hehehe

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon