04 May 2015

Moderasi Komentar Untuk Keamanan Blog

Taugitu.com, Moderasi Komentar adalah proses kontrol terhadap kualitas komentar yang telah disubmit/dikirimkan pengunjung blog baik pada artikel, ataupun konten lainnya pada blog/situs, tujuannya adalah untuk menentukan komentar yang layak dan tidak layak untuk ditampilkan. Para blogger, khususnya blogger pemula tentunya bertanya, seberapa pentingkah moderasi komentar untuk blog ?

Bagi sebagian blogger beranggapan, bahwa mengaktifkan setelan Moderasi Komentar menguntungkan bagi Keamanan Blog, namun tidak sedikit pula yang beranggapan hal tersebut bukanlah hal yang terlalu penting, namun bagi saya pribadi dan juga sebagian pengelola blog/situs lainnya, moderasi komentar adalah suatu langkah yang sangat vital, karena menyangkut keamanan blog dan kinerja blog/situs yang kita miliki. 

Moderasi komentar

Keuntungan Mengaktifkan Moderasi Komentar.
Banyak keuntungan mengaktifkan fitur moderasi komentar pada blog/situs menurut saya ada banyak, diantaranya yaitu :

  1. Memudahkan memanajemen komentar, kenapa saya katakan demikian ? karena dengan mengaktifkan fitur tersebut, kita akan dapat melakukan peninjauan terlebih dahulu, terhadap semua komentar yang ditujukan kepada konten blog/situs kita, apakah layak untuk kita publikasikan, ataukah tidak, bahkan kita dapat langsung menandainya sebagai spam.
  2. Memudahkan kita mendapatkan informasi komentar terbaru, setiap komentar baru pada blog/situs kita tidak secara otomatis akan muncul, diperlukan otorisasi kita sebagai pemilik untuk menampilkannya, dengan fungsi kita sebagai admin, maka kita dapat mengetahui setiap ada komentar baru, dan menunggu untuk dimoderasi.
  3. Menjaga keamaman dan kinerja situs, mungkin ada ratusan bahkan ribuan pengunjung yang mengunjungi blog/situs kita setiap harinya, dari ribuan pengunjung tersebut, mungkin ada beberapa pengunjung yang iseng, menanamkan link aktif, bahkan link malware dan link spyware. hal tersebut jelas akan berdampak pada keamanan situs, bagi blogger pemula, adanya link aktif seringkali mengganggu proses perayapan google, dan berpengaruh memunculkan crawl error / kesalahan perayapan url pada laporan Alat webmaster, meskipun hal tersebut dapat kita cegah dengan menanamkan pencekal link aktif pada blog yang secara otomatis akan menganggap link aktif adalah spam. Namun sobat perlu ketahui, bahwa tidak semua blogger jahat meninggalkan link aktif pada kolom komentar, pada beberapa blog saya yang lain yang membahas masalah publik, saya sering menjumpai mereka meninggalkan komentar di luar topik, dan saya anggap bertujuan melakukan tindak kejahatan penipuan, misalkan meninggalkan komentar kisah sukses menjadi pegawai negeri sipil, dan meninggalkan nomer handphone yang dapat dihubungi serta menjanjikan dapat meloloskan seseorang untuk lulus PNS,  selain itu banyak pula yang menggunakan kolom komentar untuk berpromosi, semacam obat kuat dll yang saya anggap bahasa yang digunakan tidak pantas dan sesuai dengan konten blog/situs saya.

Kelemahan Mengaktifkan Moderasi Komentar
Sebenarnya, ini tidaklah saya anggap sebagai kelemahan, karena mengaktifkan fitur tersebut tidak merugikan untuk blog/situs kita dan juga pengunjung, namun ini hanyalah perbedaan cara pandang dan rasa nyaman yang dirasakan oleh para pengunjung, khususnya yang meninggalkan komentar, beberapa hal tersebut adalah :

  1. Perlu menunggu agar komentar bisa muncul. Menunggu ! inilah salah satu hal yang paling tidak disukai oleh kebanyakan masyarakat kita, ada yang bilang, menunggu itu membosankan, melelahkan dan lain sebagainya. sebagian pengunjung yang tidak sabar, tentunya akan segera meninggalkan blog/situs kita, dan bertanya-tanya dalam hati,  kapan komentarnya akan muncul dan mendapatkan tanggapan secepatnya.
  2. Pemilik Blog/Situs dianggap pelit dan sok protektif. Ya, mungkin inilah yang yang ada dibenak sebagian para pemberi komentar, saat mereka meninggalkan komentar, namun komentarnya tidak otomatis muncul, padahal para pengunjung tidak hanya menanggapi isi artikel dengan pertanyaan, namun justru meninggalkan pujian.

Jika dari para pembaca ada yang beranggapan demikian, maka saya akan sedikit memberikan penjelasan, Jika sobat beranggapan orang yang mengaktifkan moderasi komentar itu pelit, maka anggapan tersebut salah, karena justru dengan mengaktifkan moderasi komentar, komentar sobat dapat diketahui oleh admin/pengelola blog/situs, dan dapat dipastikan setiap pengelola blog/situs membaca secara detail komentar sobat, dan mungkin menyiapkan jawaban terbaik untuk sobat. namun jika sobat termasuk orang yang tidak sabar dan menginginkan komentar sobat langsung muncul otomatis di blog, justru sobat mendapatkan peluang kecil untuk mendapatkan balasan komentar, karena komentar secara otomatis akan muncul, terlebih lagi jika blog/situs yang mempunyai trafik dan jumlah pemberi komentar yang tinggi, karena pengelola tidak mendapatkan pemberitahuan adanya komentar baru pada dasbord komentar.

Nah, artikel ini merupakan opini saya pribadi, semua tergantung pilihan anda dan sudut pandang masing-masing,  namun jika sobat berniat mengaktifkan fitur komentar pada blogger, sobat dapat melakukan pengaturan melalui menu Dasbord > Setelan > Pos dan komentar > Moderasi komentar  dan pilih selalu, kemudian simpan.

Demikian artikel Moderasi Komentar Untuk Keamanan Blog, semoga memberikan manfaat dan menambah pengetahuan seputar blog. Terima kasih

2 komentar

terimaksih gan sangaat membantu dan menambah ilmu laptop terupdate

Terima kasih kembali atas kunjungannya. Sukses selalu

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon