30 May 2015

Tips Merawat Kaos Jersey Agar Awet

Taugitu.com, Jersey adalah kaos yang  yang diproduksi untuk meniru sebuah kostum sebuah klub olah raga, Jersey sangat identik dengan klub sepak bola, rasanya tidak afdol jika sobat adalah fans berat klub sepakbola namun tidak memiliki kaos jersey, entah sebagai bentuk kecintaan terhadap klub, maupun sekedar mengkoleksi Jersey. Namun untuk mendapatkan sebuah kaos jersey, nampaknya sobat perlu merogoh kocek lebih dalam dibandingkan membeli kaos biasa, harga sebuah kaos jersey bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, masalah harga biasanya tergantung dengan bahan, merk dan asal produksi pabrik, jersey dengan kualitas ori AAA mempunyai harga yang fantastis yaitu mendekati harga kostum aslinya, sedangkan jersey dengan kualitas paling dibawah bisa sobat dapatkan dengan harga berkisar antara 50 ribu - 70 ribu rupiah.
Merawat Kaos Jersey

Jika sobat kebetulan mempunyai kaos jersey dengan kualitas yang baik, pastinya perlu mengetahui bagaimana cara merawat Kaos Jersey agar awet dan tidak cepat kusam, merawat jersey butuh perlakuan khusus, mencuci dan menyetrikanya pun berbeda dengan cara mencuci kaos biasa. Nah jika ingin kaos jersey milik sobat menjadi lebih awet dan tidak cepat kusam, perhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Hindari menggunakan Jersey dalam kondisi tubuh berkeringat, jika sobat adalah salah satu kolektor Kaos Jersey yang sesekali memakai jersey kesayangan sobat, sebaiknya jangan menggunakannya saat tubuh sobat berkeringat, keringat akan menyebabkan perubahan warna kain, karena keringat mengandung senyawa garam. Namun jika sobat memiliki jersey untuk digunakan sebagai kostum berolah raga, mungkin tidak jadi persolan karean sobat sudah tau resikonya
  2. Jangan merendam kaos jersey. Jika sobat ingin mencuci kaos jersey, sebaiknya hindari merendam kaos jersey dalam air detergen terlalu lama, apalagi jika jersey milik sobat berkualitas kurang baik. Sebaiknya sebelum mencuci basahi terlebih dahulu kaos jersey dengan air biasa, kemudian siapkan air larutan detergen secukupnya, masukan kaos jersey dalam air detergen dan usahakan langsung dikucek, kucek pada bagian yg dirasa paling kotor, seperti bagian lengan dan leher, jangan mengucek terlalu keras pada bagian sticker.
  3. Hindari mencuci kaos jersey dengan mesin cuci. Mencuci dengan mesin cuci sama saja dengan merusak kaos jersey, karena putaran mesin akan membuat stiker kaos jersey mudah terlepas/rusak.
  4. Jangan membilas dengan cara memeras. Jika sobat ingin membilas kaos jersey, cukup lakukan dengan cara menyiram menggunakan air dari selang, atau dengan mencelupkan-celupkannya ke air dalam ember, ulangi sampai busa detergen hilang, dan jangan sekali-kali memeras untuk mengeringkannya, cukup gantungkan dengan hanger dan biarkan sampai kering.
  5. Hindari menjemur kaos jersey dibawah panas terik matahari secara langsung. Saat sobat ingin mengeringkan kaos jersey setelah dicuci, jangan sekali-kali nenjemur dibawah terik matahari atau terkena sinar matahari secara langsung, hal ini dapat menyebabkan stiker mudah lepas, untuk mengeringkannya cukup gantungkan pada tempat yang teduh dan berangin.
  6. Hindari menyetrika kaos jersey. Kaos jersey terbuat dari kain yang biasanya berkualitas baik dan tidak mudah kusut, jadi tidak perlu menyetrika untuk merapikannya, cukup gantungkan dengan habger yang berukuran lebar yang pas dengan lebar ukuran bahu kaos jersey. Jika terpaksa ingin menyetrika gunakan temperatur sedang, dan melapisi permukan kaos jersey dengan kain tipis/kertas putih. sobat juga dapat menggunakan setrika uap untuk hasil lebih baik. Jika kebetulan stiker atau logo jersey sobat mengalami kerusakan atau terlihat terbuka dan terlepas segeralah memperbaikinya, dengan menyetrika permukaan stiker yang terlepas, namun sobat harus berhati hati, lapisi lebih dahulu permukaan stiker/logo yang terlepas dengan kertas putih, lapisi juga bagian dalam/dasarnya dan jangan menggunakan temperatur yang terlalu panas.
  7. Gunakan hanger untuk menyimpan Jersey. Cara ini digunakan agar kaos jersey dalam keadaan rapi, dan simpanlah dalam suhu yang normal, jangan melipat Jersey. Karena biasanya jika sobat menyimpan dengan cara melipat dan lipatannya tidak sempurna maka hal tersebut akan merusak stiker, dan menimbulkan noda warna pada lipatan. Jika perlu beri pengharum dan obat pembunuh kutu dalam lemari, agar jersey sobat tidak berlubang karena kutu.
  8. Perhatikan petunjuk perawatan. Pada kaos Jersey selalu dilampirkan petunjuk perawatan, biasanya terdapat pada bagian dalam kaos atau pada bagian kertas pembungkus Jersey.
Nah, semoga Tips Merawat Jersey Agar Awet yang saya uraikan diatas dapat membuat koleksi Jersey kesayangaan sobat menjadi lebih awet. Dan pastinya menjadi benda yang berharga suatu hari nanti.

1 komentar so far

ingin kaos polos berkualitas? kunjungi http://www.kaosyes.com menjual grosir kaos polos berbahan katun yang berkualitas loh..

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon