28 May 2015

Berbagai Cara Mengatasi Error 404

Taugitu.com, Error ! inilah tulisan maupun kata yang mengungkapkan adanya sebuah kesalahan, Error adalah informasi bahwa telah terjadi adanya suatu kesalahan atau kekeliruan. Dalam dunia blogging, Error adalah kejadian yang selalu dihindari oleh para pemilik blog, error bisa muncul jika terjadi kesalahan baik dalam kerangka blog, server, tautan link url atau hal lainnya terkait dengan kinerja blog. Bagaimana Error terjadi ? sebenarnya munculnya sebuah pesan error dapat terjadi kerana dua hal, yaitu hal yang disengaja maupun tidak disengaja. banyak tool yang disediakan oleh Google maupun pihak ketiga untuk membantu para pemilik blog mengecek kinerja blog, apakah ada error dalam blognya atau tidak.

Ngomongin masalah Error, pasti sobat pernah ngalamin masalah yang satu ini, jika sobat adalah pengguna situs (blogspot) dan telah menautkan situs ke Google webmaster pastinya selalu mengecek kinerja situs melalui tool tersebut, keberadaan tool webmaster sangat membantu kita dalam mengetahui dan memantau kinerja situs, kita dapat memanfaatkan menu-menu yang terdapat didalamnya, misalkan melihat laporan penyempurnaan HTML, status pengindeksan konten situs kita, laporan perayapan, dan masalah dan masalah keamanan. dari berbagai menu dalam tool webmaster, ada satu menu yang selama ini saya angap paling banyak dimanfaatkan oleh para pengguna Google Webmaster,, yaitu Menu Perayapan, dalam menu tersebut terdapat sub menu diantaranya yaitu Kesalahan perayapan, statistik perayapan, paremeter situs, peta situs, penguji robot dan pengambilan Google. 

error 404

Sub menu kesalahan perayapan adalah sub menu yang selama ini banyak saya manfaatkan untuk mengecek status kesalahan perayapan konten yang saya buat, karena dari laporan inilah saya dapat memperoleh informasi mengenai kesalaahan mesin telusur google. Nah, jika sobat juga sering menggunakan sub menu ini, mungkin pernah mendapatkan laporan terjadinya Crawl Error atau kesalahan perayapan, kesalahan ini dapat disebabkan berbagai hal, misalkan robot.txt memblokir url tertentu, kesalahan server maupun kesalahan yang diakibatkan tidak ditemukannya URL konten. 

Jika hal tersebut terjadi pada situs sobat, segeralah perbaiki. hal yang paling mudah dilakukan yaitu dengan mengklik keseluruhan url yang dilaporkan mengalami kesalahan, dan tandai sebagai yang telah diperbaiki. Jika hal tersebut berhasil dilakukan, akan laporan kesalahan tidak akan dimunculkan kembali. namun jika setelah beberapa waktu laporan kesalahan itu muncul kembali, sobat dapat melakukan pengecekan langsung ke link url. Kesalahan yangs ering terjadi adalah Error 404, kode 404 adalah kode untuk url yang tidak ditemukan, yang disebakan konten telah sobat hapus, kesalahan seting robot.txt atau sobat merubah Judul konten tanpa mengatur ulang url konten.

Berdasarkan pengalaman saya mengatasi Error 404 pada laporan Webmaster adalah sebagai berikut :
saya mencentang sekaligus kotak sbelah kiri pada url yang dilaporkan mengalami error 404 dan error lainnya dan tandai sebagai yang telah diperbaiki, jika hal tersebut tidak berhasil maka lakukan cara kedua berikut :

  1. klik  pada url yang error, setelah terbuka jendela baru / tab baru, klik kanan pada url dan pilih copy link location, masuk ke menu Google Indeks - Hapus URL, klik buat permintaan penghapusan baru, kemudian pastekan alamat url yang tadi sobat copy pada kolom, klik terus lalu pilih kirim permintaan. jika masih juga belum berhasil dan laporan error dengan url yang sama muncul kembali, lakukan langkah ketiga berikut
  2. Periksa kembali apakah link url tersebut adalah link url konten yang masih aktif atau tidak, jika masih aktif silahkan mengubah setingan robot.txt dan setingan tag tajuk robot khusus, pilih bagaimana pengaturan konten mana yang boleh dan tidak boleh dirayapi.
  3. Jika konten sudah tidak aktif, maka lakukan kembali langkah nomor dua, kemudian minta google merayapi kembali URL situs anda, caranya yaitu masuk ke menu Perayapan, ambil sebagai google - pada kolom url biarkan kosong dan pilih ambil dan render setelah itu klik tulisan kirim ke indeks. namun jika sobat pernah merubah judul konten / artikel yang pernah dipublikasikan, maka jangan pernah mengajukan permintaan penghapusan url tersebut, yang musti sobat lakukan adalah masuk ke konten halaman atau pos yang pernah sobat rubah judulnya, pilih edit dan pada link tautan judul silahkan masukan URL yang mengalami Error 404 pada kolom link tautan judul, dan klik selesai. Jika belum berhasil masukan kembalivlink permanen ke dalam link tautan. Jika belum berhasil gunakan cara ini masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Setelah itu pada bagian Kesalahan dan pengalihan dan klik “Edit” pada Pengalihan khusus. Setelah itu isi URL yg salah (Dari) dan URL yg benar (Kepada) dan centang permanen. 


Mengatasi error 404
Error 404 pada artikel, sebelum dan setelah diperbaiki
Error seperti pada gambar diatas  terjadi karena saya pernah mengganti judul artikel, dan pada laporan perayapan untuk artikel yang saya rubah, ditemukan laporan error 404, padahal artikel tersebut masih ada, namun tidak dapat diakses, setelah saya lakukan hal seperti diatas, dalam beberapa hari error 404 pun hilang, dan artikel sudah dapat diakses dan terindeks oleh mesin telusur. 

Tidak ada Kesalahan Perayapan
Tidak ada Kesalahan Perayapan yang Terdeteksi
Semoga artikel Berbagai Cara Mengatasi Error 404 Pada Webmater dapat bermanfaat, hal-hal tersebut adalah pengalaman yang saya alami, mungkin blogger lain punya cara untuk mengatasi hal tersebut dengan cara yang berbeda, selang beberapa minggu Laporan Perayapan di Webmaster milik sayapun 0. Agar kesalahan perayapan tidak selalu terjadi, pahami penyebabnya, jangan terburu-buru melakukan permintaan penghapusan URL, salah - salah konten / artikel sobat akan hilang dari pengindeksan.

2 komentar

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon