28 June 2015

Semprong Bolong Dan Filosofinya

Taugitu.com, Pertama Mendengar kata semprong mungkin sedikit mengajak anda kembali ke masa lalu, mengingatkan memori tempo dulu sewaktu anda berada di dapur. Namun mungkin tidak semua orang tau, apa itu semprong.  what is the meaning semprong ? Mungkin bagi orang jawa yang dulu hidup di kampung semprong merupakan alat yang wajib dimiliki, keberadaanya sangat vital ketika memasak, Semprong adalah alat yang dibuat dari bambu sedang berukuran satu ruas, fungsinya untuk membantu para ibu - ibu saat meniup bara api, agar angin yang dihasilkan dari tiupan mulut fokus pada satu titik dan menghasilkan angin yang besar, sehingga bara akan mudah membakar kayu.

Apa pengaruh keberadaan Semprong ? Kalo menurut saya sih Semprong itu mengajarkan kita banyak hal dalam kehidupan, baik dari bentuk dan ukuran semprong itu sendiri.

Semprong Bolong Dan Filosofinya

Ukuran diameter Semprong itu selalu sedang gag pernah kecil ataupun gede. Yang sedang- sedang saja itu lebih nyaman. Kalo anda membuat semprong dengan diameter bambu yang lebih kecil, maka anda tidak pernah menghasilkan sebuah semprong, yang anda hasilkan adalah sedotan. Paham ?? Kalo anda buat semprong menggunakan bambu yang terlalu besar, maka yang anda hasilkan adalah meriam hahaha.. ( bercanda).. Yah, semprong itu dibuat dengan bambu berdiameter sedang, bertujuan agar mudah untuk digunakan, ya enak dipegang, ya pas sesuai dengan ukuran bibir penggunanya, begitu juga kehidupan, kita sebagai manusia selalu diajarkan hidup sederhana, ya dalam hal makan, sandang dan papan. Sederhana bukan berarti membolehkan orang menjadi miskin, atau melarang orang menjadi kaya, sederhana itu adalah memenuhi segala kebutuhan hidup sewajarnya, tanpa berlebih-lebihan.

Semprong itu juga mengajarkan bagaimana cara kita mencapai tujuan, semprong mempunyai lubang di tengahnya, fungsinya menyatukan angin dan mengeluarkannya pada satu lubang dengan daya angin yang lebih besar. Dalam mencapai sebuah tujuan, hendaknya kita juga fokus pada cara dan jalan yang kita pilih, kumpulkan semua ide anda, kemudian bekerjasamalah, gunakan kemampuan otak dan otot anda, fokus pada tujuan yang ingin anda capai, gunakan cara baik dan terhormat agar hasil yang anda peroleh lebih berkah, dan jangan lupa selalu iringi dengan lantunan doa.

Wes.. Cukup segini aja artikel Semprong Bolong, sebenarnya masih pingin nambahin lebih banyak, karena semprong selalu mengingatkan saya tentang masakan dan isi dapur. Oiya, apa nama Semprong di daerah anda ?

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon