Janda Banyak Diburu Masyarakat Menjelang Berbuka Puasa

Taugitu.com, Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia, setiap menjelang waktu berbuka puasa senantiasa berburu kuliner, utamanya kue takjil sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. Nah, di daerah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah ada salah satu kue yang saat bulan Ramadhan banyak diburu oleh masyarakat. Namanya Kue Janda. namun jangan salah, kue ini gag ada hubungannya sama Janda, kue janda adalah kue yang terbuat dari Pisang yang dibungkus dengan parutan ubi kayu, kemudian dikukus dan disajikan dengan taburan parutan kelapa.

Kue Janda paling pas dinikmati bersama dengan Teh hangat atau Kopi Pahit, di Kota Makassar masyarakat juga menyebut Kue Janda dengan sebutan Songkolo Bandang. Jika Anda ingin membuat sendiri kue janda ini di rumah, nampaknya tidak perlu susah payah mencari bahan, karena bahan dasar untuk membuat kue ini mudah dan murah.



Bahan-Bahan :
  • Ubi Kayu (singkong)
  • Pisang Raja tau bisa juga pisang kepok
  • Kelapa dari buah kelapa yang sudah dikupas kulit luarnya
  • Garam secukupnya
  • Gula Pasir secukupnya
  • Vanili
  • Daun Pandan Suji sebagai pewarna alami
Cara Membuatnya:
  1. Kupas ubi kayu dan cuci bersih, kemudian parut Ubi kayu dan tambahkan vanili dan garam secukupnya, aduk hingga merata
  2. Tumbuk daun pandan suji untuk pewarna hijau kemudian peraskan diatas parutan ubi, dan ratakan
  3. Kupas pisang dan potong dengan ukuran sesuai selera anda.
  4. Balut pisang dengan parutan ubi kayu kemudian kukus hingga matang. (bisa juga membungkusnya dengan daun pisang seperti bentuk lontong)
  5. Setelah matang, potong kecil-kecil kue Janda dan taburi dengan parutan kelapa, taburkan gula pasir menurut selera.
  6. Kue janda siap dinikmati

Selamat Mencoba
Janda Banyak Diburu Masyarakat Menjelang Berbuka Puasa Janda Banyak Diburu Masyarakat Menjelang Berbuka Puasa Reviewed by Admin on June 29, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.