29 August 2015

Keuntungan Menanam Dengan Cara Hidroponik

Taugitu.com - Hidroponik, adalah metode membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air, tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan metode ini sebagian besar adalah jenis sayuran dan juga buah-buahan, namun dapat juga dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman jenis bunga. Metode ini sangat cocok diterapkan pada daerah / wilayah geografis yang  minim pasokan air, juga cocok diterapkan pada area yang terbatas/sempit, bahkan dapat digantung pada dinding menggunakan botol bekas.

Metode budidaya dengan cara hidroponik menekankan pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan melalui air. Untuk menanamnya cukup mudah, anda dapat memanfaatkan pipa paralon, ember bekas, kotak gabus sterofoam bekas, kaleng bekas dan barang lainnya yang dapat menampung air.

Keuntungan Menanam Dengan Cara Hidroponik

Media Tanam Metode Hidroponik
Berikut adalah media yang sering digunakan oleh kebanyakan para penggemar hidroponik.


CocopeatCocopeat
Cocopeat adalah serbuk kelapa, dibuat dari kulit buah kelapa yang telah tua, cara membuatnya dengan cara merendam kulit kelapa tua kedalam air minimal 3 hari, kemudian memisahkan bagian kulit keras dan serat serabut kulit kelapa menggunakan mesin khusus, kemudian dipress dan dicetak sesuai dengan kebutuhan.

Rockwool
Rockwool merupakan bahan yang terbuat dari batuan basalt, batu bara dan batu kapur yang diproses melalui pemanasan dengan suhu hingga 1600 derajat celcius. Proses pemanasan tersebut menyebabkan batuan meleleh dan membentuk cairan menyerupai lava dan berbentuk serat-serat, dalam keadaan dingin kumpulan serat tersebut dapat dipotong sesuai kebutuhan.

Digunakannya Rockwool sebagai media tanam hidroponik karena rockwool sangat ramah lingkungan, mampu menyimpan air 14 kali dibandingkan kemampuan tanah, meminimalisir penggunaan disinfektan serta mengoptimalkan peran dari pupuk.

Sekam BakarSekam Bakar
Sekam adalah kulit bulir padi / gabah hasil dari proses penggilingan padi menjadi beras. Untuk membuat sekam bakar cukup mudah, kita bisa membuatnya sendiri dengan membakarnya secara langsung atau dapat juga menggorengnya dengan cara sangrai / kreweng, cara ini dinilai lebih baik karen dapat mempertahankan bentuk sekam. Menurut penilitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sekam bakar mempunyai keunggulan dibandingkan media tanam lainnya, yakni dapat digunakan berulang kali, selain itu sekam bakar juga mampu menyimpan air dalam jangka waktu relatif lebih lama jika dibandingkan dengan tanah serta menghemat penyiraman.

Selain media yang telah saya sebutkan diatas, masih banyak media tanam lainnya yg sering digunakan oleh para pelaku hidroponik diantaranya serbuk kayu, pasir, kerikil, expanded clay dan beberapa media lainnya selain tanah.

Keuntungan Hidroponik.

Telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa menanam dengan metode hidroponik tidak membutuhkan sarana atau media tanah untuk menanam, jadi bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk menyalurkan hobby menanam, dapat menggunakan metode ini karena cukup efektif. Anda dapat menanam sayuran dan buah menggunakan kaleng dan botol bekas, bahkan anda bisa menggantungnya pada dinding, sebagian petani hidroponik bahkan menanam sayuran dengan sistem susun, cara ini terbilang sukses. Karena dengan lahan terbatas, dapat menanam dan menghasilkan panen berlipat ganda jika dibandingkan menanam dengan sistem konvensional (media tanah), selain itu metode hidroponik juga dapat menghemat tenaga.

Sebagian petani hidroponik juga menggabungkan metode tanam ini dengan sistem Aquaponik, yaitu memanfaatkan air kolam ikan untuk menyirami tanaman hidroponik, yaitu mengambil nutrisi yang dihasilkan dari kotoran ikan. Air yang dialirkan menggunakan pipa paralon dialirkan ke tempat penanaman tanaman hidroponik yang biasanya menggunakan pipa paralon ataupun ember bekas, tanaman akan mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan, sedangkan air yang limpahan akan dialirkan kembali ke dalam kolam dalam keadaan lebih bersih. Cara ini jelas memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu tanaman mendapatkan nutrisi dan kebutuhan oksigen untuk ikan dan air bersih juga dapat terpenuhi.

Anda tertarik ? Silahkan mencoba. Saya akan membahas cara menanam metode hidroponik pada artikel saya berikutnya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon