31 August 2015

Menyemai Benih Pada Rockwool Untuk Tanaman Hidroponik

Taugitu.com, - Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan secara singkat tentang metode tanam Hidroponik, jika anda tertarik untuk mencoba menanam tanaman secara Hidroponik, maka kali ini saya akan berbagi cara meyemai bibit tanaman untuk ditanam hidroponik.

Pada dasarnya tidak ada bedanya menyemai bibit tanaman untuk ditanam di lahan konvensional maupun secara hidroponik, anda hanya perlu menyiapkan benih tanaman untuk disemai, namun jika anda tidak ingin kerepotan nantinya untuk memindahkan bibit ke media hidroponik, ada baiknya anda tidak menyemainya pada media tanah, namun menyemainya langsung ke media tanam yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik, salah satunya menggunakan media tanam rockwool.

Bibit Hidroponik Rockwool
Untuk mendapatkan rockwool, anda harus membelinya di toko pertanian khusus hidroponik, harganya relatif murah, yaitu berkisar 10.000 – 15.000 perbungkus, dengan lebar sekitar 30 cm x 20 cm. Setelah anda mendapatkan rockwool, potong rockwool berbentuk kotak dengan lebar 2 cm x 2 cm atau sesuaikan dengan benih tanaman yang akan anda tanam, untuk tanaman jenis lombok, buah melon dan tanaman yang relatif besar, dapat menambah ukuran hingga 3 cm x 3 cm. Setelah itu rendam rockwoll menggunakan air bersih, angkat dan tiriskan agar air pada rockwoll tidak berlebihan, kemudian lubangi tengah rockwoll menggunakan tusuk gigi atau lidi dengan kedalaman sekitar 0,5 cm atau sesuaikan dengan besarnya benih, usahakan benih tidak tertanam dalam lubang terlalu dalam karena dapat menyebabkan tunas sulit tumbuh. Letakkan rockwool yang telah anda beri benih pada nampan atau sejenisnya, kemudian tutup menggunakan plastik hitam dan letakkan pada tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Periksa setelah 2 – 3 hari, jika rockwool terlalu kering semprot menggunakan air bersih untuk tetap mempertahankan kelembaban. Jika benih tanaman telah bertunas, buka plastik penutup dan biarkan tunas tumbuh dan berdaun 2- 4 daun, setelah itu pindahkan benih yang telah bertunas ke tempat yang terkena matahari pagi untuk merangsang pertumbuhan tunas.

Nah, setelah benih tanaman telah terlihat tumbuh secara baik, anda dapat memindahkannya ke tempat penanaman Hidroponik, Ada berbagai cara yang digunakan untuk menanam sistem hidroponik diantaranya yaitu teknik aeroponic system, drip system, NFT, ebb dan flowsystem, water culture system, dan wick system. selain menggunakan rockwool anda juga dapat menyemai benih pada sekam bakar, ataupun cocopeat. Pilih salah satu yang sistem yang anda rasa sangat mudah anda terapkan.

Cara-cara yang saya sebutkan diatas adalah berdasarkan pengalaman pribadi, anda juga dapat membaca dan mencari referensi lainnya tentang cara Menyemai Benih Pada Rockwool Untuk Tanaman Hidroponik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon