23 September 2016

Resep Kue Terang Bulan Enak Dan Pulen

Taugitu.com, Kue Terang Bulan atau Martabak Manis adalah kue yang cukup dikenal oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia, kue ini banyak dijual disepanjang jalan yang ramai, bukan cuma di kota-kota saja, namun juga sampai ke pelosok pedesaan. Kue ini mempunyai rasa manis dengan tekstur yang lembut, terbuat dari tepung terigu dengan dicampur bahan lainnya, dan dibakar diatas kompor dengan cetakan berbentuk bulat. 

Seiring dengan berkembangnya kuliner di Indonesia, Terang Bulan atau Martabak Manis, kini banyak dibuat dengan berbagai Varian Rasa, selain rasa keju, kacang dan coklat, kini juga ada rasa strawberry, nanas, kacang almond, mente, kismis, kurma dan rasa lainnya yang tak kalah enak. Untuk membuatnya relatif sangat mudah, bahan bakunya pun tersedia di pasar modern ataupun tradisional. Jika para Ibu ingin membuatnya di rumah, ibu-ibu bisa mencoba resep berikut:

Resep Martabak Manis Enak Dan Pulen

Bahan
  1. Tepung terigu 500 gram
  2. Gula pasir 100 gram
  3. Susu bubuk 100 gram
  4. Soda kue 1 sendok teh
  5. Vanili 1/2 sendok teh
  6. Telur 3 butir
  7. Air 500 ml
  8. Garam secukupnya, dan
  9. Margarin untuk olesan cetakan.
Cara membuat
Kocok telur hingga mengembang, masukan vanili, gula pasir dan soda kue, kocok kembali hingga larut. Masukkan susu bubuk dan terigu serta tambahkan air sedikit-sedikit, aduk hingga semua bahan bercampur rata, adonan yang baik adalah adonan yang tidak terlalu kental ataupun terlalu encer. Olesi cetakan dengan margarin, panaskan diatas kompor dengan api kecil, jika perlu putatmr posisi cetakan agar panas benar-benar rata. Setelah panas, masukan adonan, kira kira 100-150 ml, ratakan. Tutup kurang lebih 5-7 menit, saat adonan mulai mengering taburkan sedikit gula pasir secara merata diatasnya, tutup kembali hingga kue terlihat mengembang, kemudian angkat, saat masih panas, segera olesi margarin bagian lapisan atas kue, taburi dengan toping keju, kacang tanah, strawberry, nanas atau toping sesuai selera anda. Potong menjadi 8. Sajikan.

Tips : agar kue dapat mengembang sempurna, sebaiknya adonan dibiarkan antara 2-4 jam sebelum dicetak, gunakan pula cetakan kue yang terbuat dari baja, atau dengan teflon khusus untuk kue.
 
Happy Cooking

Resep : Ibu Dian Sukmawati, Bekasi

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon