07 April 2015

Cara Membuat Unit Iklan Adsense Dan Memasangnya Kedalam Blog

Taugitu.com, - Apa kabar mas bro dan mbak bray, setelah sebelumnya saya pernah membahas artikel bagaimana cara mendaftar Google AdSense melalui blog, kini saya akan coba membahas cara menambahkan unit iklan dan memasangnya kedalam blog. Saya asumsikan kamu sudah diterima oleh Google Adsense sebagai publisher. Jika belum, atau ditolak silahkan mendaftar kembali dengan mengikuti saran dari Tim Google AdSense yang ada pada email penolakan, dan perbaiki setiap kesalahan.

Untuk dapat mendapatkan penghasilan, maka kamu harus memasang iklan di blog kamu, , untuk membuat unit iklan baru ada dua cara, yaitu :

Pertama, masuk ke blogger.com >> menu administrasi >> tata letak >> tambah gadget / add gadget >> kemudian pilih AdSense, kemudian kamu akan diarahkan ke format iklan, pilih ukuran iklan, (sesuai ukuran iklan dengan lebar template kamu, baik header, sidebar maupun footer, atau jika kamu masih bingung ukuran bagian-bagian template kamu, silahkan pilih ukuran iklan responsif karena jenis iklan ini bisa menyesuaikan dengan ruang dalam template, namun kamu juga bisa memilih ukuran iklan yang disarankan oleh google, yaitu kotak besar 336x280, kotak sedang 300x250, spanduk utama 728x90, separuh laman 300x600, dan di seluler, spanduk seluler besar 320x100, kemudian pada pilihan jenis iklan saya sarankan pilih iklan teks dan gambar sekaligus, agar iklan yang muncul berupa teks dan juga gambar. pada pilihan warna, silahkan pilih padukan template, pada opsi ini google secara otomatis menyesuaikan warna pada iklan yang muncul, agar terlihat serasi dengan warna template. jika sudah selesai klik simpan, nah untuk menyesuaikan letaknya silahkan geser widget iklan yang telah kamu buat ditempat yang kamu kehendaki, dengan tetap mempertimbangkan ukuran iklan dan letaknya dalam laman blog (usahakan iklan terlihat jelas oleh pengunjung).

Menambah Iklan Adsense

Kedua, untuk membuat unit iklan baru,  kamu bisa login ke http://www.google.com/adsense/login kemudian masukan email dan pasword adsense kamu, setelah login kamu akan diarahkan ke beranda Google Adsense, pilih Iklan saya >> + unit iklan baru >> masukkan nama iklan agar nanti memudahkan kita dalam memanajemen iklan, setelah itu pilih ukuran iklan dengan mengklik pilihan menampilkan, akan muncul beberapa pilihan ukuran diantaranya, ukuran iklan kotak sedang, besar, banner besar, banner horisontal/vertikal, iklan tautan dll. atau pilih saja satu diantara ukuran iklan yang disarankan google, jika kamu mempunyai jenis template yang mobile friendly kamu juga bisa memilih jenis ukuran iklan responsif dan juga spanduk seluler besar (berlogo HP). jenis iklan silahkan pilih teks dan gambar, pada pengaturan berikutnya biarkan default tana di rubah, kemudian klik simpan.

Memilih Ukuran dan jenis Iklan
Setelah itu, akan muncul kode script iklan google adsense yang telah kamu buat, copy kode tersebut. saya anjurkan kamu memilih kode Asinkron karena kode ini lebih cepat dirender oleh google, untuk memasangnya pada widget sidebar maupun bagian yang lain (kecuali dalam artikel), silahkan masuk ke menu adminsitrasi >> tata letak >> add / tambahkan gadget >> HTML/Javascript, kemudian pastekan kode iklan tadi didalam kolom yang disediakan. klik simpan.

menambahkan kode iklan

Nah, sampai disini langkah untuk menambahkan iklan sudah selesai, tambahkan beberapa iklan dengan cara seperti diatas, saya menyarankan kamu hanya memasang 3 unit iklan, dengan jenis dan ukuran yang berbeda. bagaimana agar iklan kita banyak mendapatkan banyak klik namun tetap wajar (valid)?. banyak beberapa dari publisher Google AdSense menyarankan agar kita memasang iklan di dalam artikel, baik diawal, tengah maupun akhir artikel. untuk membuatnya, caranya sama dengan langkah diatas, hanya dalam memasangnya sedikit berbeda, kita perlu mem-Phrase terlebih dahulu kode iklan tersebut sebelum memasangnya ke dalam template.

Caranya akan saya bahas pada artikel berikutnya, udah keriting nie jari dari tadi ngetik hehehe..
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para publisher pemula, semoga sukses yah..!!! Aminnn

#AdsensePemula


4 komentar

Kalo buat unik iklaa gimanya gimana mas? Dan aturan pasangnya? Soalnya mas buat unit iklan baru ketika dipasang kok blank kosong tidak tampil iklannya gitu !!!

Masuk ke menu my ads/iklan saya lalu klik tambah/bua iklan baru, isi semua kolom atau kalo tidak mau repot pilih jenis iklan disarankan, klik simpan. copy kode iklan yang muncul, jika ingin memasang di widget langsung copykan kode iklan ke dalam widget baru, jika ingin memasangnya didalam artikel anda perlu mencovert dulu. kemudian ikuti cara sesuai diartikel. jika iklan kosong perlu dicek kembali, apakah anda sdh diterima oleh google secara penuh atau belum, atau bisa saja iklan baru akan muncul 5-15 menit kemudian

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon