25 May 2016

Hal Unik Menjelang Bulan Ramadhan Di Indonesia

Taugitu.com, Alhamdulillah tidak lama lagi umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan 1437 H. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat dan keberkahan. Setiap menjelang bulan Ramadhan ada beberapa  kebiasaan di negara kita yang menurut saya cukup unik yang menandai semakin dekatnya bulan suci. Saya lebih memilih menyebutnya sebagai aroma khas bulan Ramadhan, meskipun tidak dapat dicium namun keunikan tersebut dapat kita lihat
 
DP BBM RAMADHAN

  • Pertama, setiap menjelang bulan Ramadhan, setiap stasiun televisi baik lokal maupun nasional banyak menayangkan iklan makanan dan minuman, yang sudah pasti muncul yaitu iklan syrup, sarung, obat kumur dan iklan obat anti maag. Yah mungkin mindset para pengelola perusahaan dan juga pengelola TV, dipikirnya kalo orang puasa bakal sakit maag, nafas bau, dan pingin beli sarung baru.. hahaha.
  • Kedua, mulai bermunculan para pedagang disepanjang jalan utama. Rata-rata para penjual menjual makanan ringan atau kue yang biasa disajikan sebagai camilan saat lebaran. 
  • Ketiga, Banyak toko memajang parcel sebagai bingkisan saat lebaran.
  • Keempat, Muncul pasar kaget, sebenarnya sih gag bikin kaget, cuma karena pasar itu muncul dan hanya ada saat menjelang dan berakhirnya Ramadhan makanya disebut pasar kaget. Biasanya baramg yang dijual adalah makanan dan juga pakaian, sudah seperti keharusan di Masyarakat kita, kalo lebaram pakainya serba baru.
  • Kelima, sebenarnya hal yang terakhir yang paling unik ini muncul ketika sudah mendekati hari H, dan kemungkinan hanya ada di Indonesia. Yaitu Banyak muncul penukaran uang baru, rata-rata kebiasaan bagi mereka yang merayakan idul fitri utamanya bagi mereka yang mudik atau bekerja diluar kota, banyak menukarkan uang dengan uang baru, tujuannya yaitu sebagai sedekah untuk keluarga atau anak-anak kecil yang berada di desa. Uang baru memang diburu saat lebaran, anak-anak juga lebih suka diberikan uang baru ketimbang uang yang sudah lama.

Yah intinya hal-hal tersebut menjadi keunikan tersendiri di negeri kita, dan biarlah menjadi satu dari tanda kebahagiaan menjelang lebaran, asalkan hal itu tidak mengurangi nilai ibadah saat bulan Ramadhan.

Selamat Menyambut Ramadhan ya kawan.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon