30 May 2016

Tips Membuat Dan Menempatkan Wadah Pakan Untuk Merpati Hias

Taugitu.com, Wadah pakan adalah tempat yang dibuat dan disediakan khusus untuk menaruh pakan untuk hewan peliharaan. Khusus untuk ternak Merpati yang dikandangkan, wadah pakan adalah barang yang wajib disediakan selain tempat minum. Kini dipasaran banyak dijual wadah pakan anti tumpah, biasanya terbuat dari tanah liat/gerabah. Disebut wadah anti tumpah karena pakan yang diletakkan pada wadah ini tidak akan tumpah, karena mempunyai bentuk khusus dan memilik berat yang tidak memungkinkan terbalik ketika diinjak oleh Merpati.

Banyak para peternak menggunakan jenis wadah anti tumpah, karena selain awet harganyapun relatif murah. Namun bagi saya pribadi, penggunaan wadah anti tumpah yang diletakkan dalam kandang kurang begitu tepat, saya beralasan karena penempatan wadah pakan dalam kandang, khususnya jenis kandang baterai akan mengurangi ruang bagi merpati, selain itu alasan wadah pakan akan mudah kotor dan pakan akan bercampur dengan pakan burung. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan besar muncul penyakit/virus yang menyebabkan burung akan sakit, karena pakan yang tercampur dengan kotoran burung, akan mudah berjamur, lembab dan tentunya kotoran burung akan ikut tertelan saat burung mengkonsumsi pakan.

Lantas bagaimana membuat dan menempatkan wadah pakan yang baik ? Untuk membuat tempat pakan, kita dapat membuatnya dari pipa paralon, bambu, atau triplek tebal yang dibentuk kotak memanjang, usahakan wadah pakan mempunyai lubang yang cukup untuk kepala burung masuk untuk mengambil makanan. Buat dengan ukuran dasar yang tidak terlalu lebar dan dalam, agar memudahkan burung mengambil makanan. (Lihat gambar)
Wadah Pakan Burung
Wadah pakan ditempatkan di luar kandang, agar terhindar dari kotoran
Jika kita sudah membuatnya, kemudian kita letakkan diluar kandang atau pada sudut dinding, agar burung tidak nangkring/menginjak wadah dan membuang kotoran dalam wadah. Jika kita memakai jenis kandang baterai, buat dinding kandang menggunakan bambu yang diberi jarak yang disesuaikan dengan besar kepala dan leher burung, buat jarak antar bambu sedikit longgar, agar burung mudah mengambil makanan yang berada diluar kandang, hal ini juga dapat menghindarkan kerusakan bulu pada leher burung saat mengambil makanan. Dengan sistem ini, dijamin pakan akan selalu bersih dari kotoran burung. Namum ada hal yang musti kita perhatikan, jika kita memutuskan menempatkan wadah pakan diluar kandang, maka usahakan tidak ada gangguan dari hewan lain, seperti ayam. Untuk tehnik pemasangan kita bisa memasangnya secara paten, atau sistem bongkar pasang. Untuk jelasnya silahkan lihat gambar.
Wadah pakan burung lepas pasang
Wadah pakan burung sistem lepas pasang
Wadah pakan dengan model seperti tersebut diatas memudahkan kita dalam merawat dan membersihkan tempat pakan, selain itu burung merpati juga tidak akan berebut ketika makan.

Demikian sharing pengalaman dari saya, semoga memberikan manfaat. Salam Wok Wok Kur

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon