19 April 2016

Perawatan Khusus Bulu Simbar Merpati Hias

Taugitu.com, Merpati Hias adalah jenis merpati yang diperuntukkan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya, baik warna, bentuk tubuh, jenis bulu dan juga karena kelangkaannya. Secara umumnya merawat merpati hias tidak berbeda jauh dengan merawat merpati biasa, namun merpati hias memerlukan sedikit perlakuan khusus, hal tersebut demi menjaga keistimewaan yang dimiliki oleh merpati hias, misalkan postur tubuh seperti yang dimiliki merpati hias jenis mondain, king ataupun modena yang mempunyai postur tubuh cukup besar. Untuk menjaga kualitas postur dan bentuk tubuh agar sang merpati dan juga keturunannya tidak mengalami perubahan yang siginifikan dan tetap mempertahakan bentuk sesuai negeri asalnya, maka harusnya diberikan jenis pakan yang mempunyai kandungan yang sama dengan pakan di tempat asalnya.

Namun pakan tidaklah faktor satu-satunya penyebab berubahan bentuk tubuh dan postur merpati, akan tetapi kondisi lingkungan dan geografis serta adanya perkawinan sedarah dipercaya juga menyebabkan perubahan, baik perubahan bentuk tubuh ataupun marking / warna bulu merpati. Selain itu, terjadinya perkawinan merpati yang tidak sejenis, turut berperan merubah kemurnian jenis merpati hias. Untuk tetap mempertahankan jenis dan kualitas, maka diupayakan untuk mencukupi kebutuhan merpati, baik dari faktor pakan maupun lingkungan.
Bulu Simbar
Merpati Yellow Riverswing memiliki bulu simbar di kaki
Nah, kali ini saya akan sedikit membahas cara merawat merpati hias yang memiliki bulu kaki (simbar). Ada beberapa jenis merpati hias yang memiliki bulu simbar, bahkan beberapa jenis diantaranya, memiliki bulu simbar yang relatif panjang. Kejadian yang sering dialami oleh para peternak maupun pecinta merpati hias, sering kali merpati jenis tersebut mengalami kerusakan bulu simbar, jelas hal tersebut tentunya merusak keindahan dan keunikan yang dimilik merpati, terlebih lagi jika merpati hias tersebut untuk dijual belikan. Tentunya berakibat menurunnya harga, karena keindahan dan keunikan yang dimiliki merpati tidak sempurna.

Merpati memiliki bulu Simbar
Perawatan yang diperkukan untuk jenis merpati dengan bulu simbar dilakukan dengan cara memberikan multivitamin dan kandang yang nyaman. Kita dapat memberikan minyak ikan kepada merpati hias jenis ini, karena minyak ikan kaya akan omega yang berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan bulu, selain itu minyak ikan juga dapat menjadikan bulu lebih cerah, mengkilap dan nampak bersih. Selanjutnya yaitu dengan menyediakan kandang yang nyaman, usahakan menempatkan merpati berbulu simbar dengan kandang yang luas, dilengkapi dengan tangkringan dari bahan halus dan tidak bersudut. Kita dapat menempatkan dikandang umbaran dengan memberikan pasir kering, usahakan seminggu sekali membersihkan kandang dari kotoran agar lantai kandang tetap bersih, jika terpaksa menggunakan kandang sistem beterai/box, gunakan alas kandang dengan bahan berbentuk bulat, seperti besi yang telah dicat yang ditata sejajar atau bambu yang telah dibulatkan, atur juga jarak alas sedikit lebar, agar kotoran burung dapat dengan mudah jatuh, hindari menggunakan alas dari bahan kawat ram/kotak-kotak, karena dari pengalaman saya, kawat ram bisa mengakibatkan bulu simbar patah, menggunakan kawat ram biasanya akan mengakibatkan kotoran burung tidak bebas jatuh ke lantai, kotoran merpati yang menumpuk dapat menyebakan bulu simbar menjadi kotor dan kusam, serta menyebabkan munculnya penyakit dan juga kutu. Hal yang dilakukan berikutnya rajin-rajinlah memandikan burung merpati, minimal seminggu sekali, asalkan tidak sedang mengeram. Pakailah shampo jika diperlukan, karena shampo dapat membersihkan kotoran pada bulu lebih optimal serta mengantisipasi merpati terjangkiti kutu atau tungau. Selain itu, kita juga bisa mengoleskan minyak orang aring atau kemiri agar bulu merpati menjadi bersih dan megkilat.

Bagaimana ? Cukup repot memang, namun jika kita memang menyangi hewan peliharaan kita, tentunya hal tersebut bukanlah sesuatu yang berat, kita hanya butuh melakukanya dengan kesabaran dan ketaletenan.

Semoga bermanfaat, salam wok wokur

2 komentar

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon