12 November 2016

Ternyata Kereta Api Kelas Ekonomi Itu Nyaman

Taugitu.com, Kereta Api merupakan salah satu transportasi darat massal yang dimiliki oleh negeri ini, kereta api menjadi alat transportasi yang bisa dikatakan murah. Dahulu, penumpang kereta api selalu identik dengan kaum menengah kebawah, bukan tanpa alasan karena kereta api selalu dijadikan pilihan utama para pekerja di ibukota dan kota besar lainnya ketika hendak mudik menjelang lebaran, penumpangnya kebanyakan adalah orang-orang dari desa yang merantau bekerja di kota.

Kesan kumuh, kotor dan penuh dengan copet dan para penjual asongan kini tak lagi dijumpai di kereta api, bukan hanya itu, sekarang di lingkungan stasiun juga mulai terlihat lebih bersih dibandingkan beberapa tahun kebelakang, penegakkan aturan didalam area stasiun dan di dalam kereta juga mulai dijalankan sesuai SOP. Para penumpang tidak lagi boleh merokok disembarang tempat, apalagi merokok didalam gerbong, penumpang diatas kereta yang kedapatan melanggar aturan tersebut langsung akan diturunkan di stasiun berikutnya, demikian halnya dengan urusan tiket, jika dahulu penumpang tanpa tiket bisa kongkalikong dengan petugas kereta, tapi sekarang hal tersebut hampir tidak bisa lagi dilakukan, karena untuk masuk ke dalam kereta, penumpang wajib menunjukkan tiket resmi dan juga kartu tanda pengenal sesuai dengan identitas yang tertera di tiket. Untuk pemesanan tiketpun kini lebih mudah, para calon penumpang dapat melakukan reservasi secara online, memilih nomer gerbong dan tempat duduk serta melakukan pencetakkan tiket sendiri dengan memasukkan kode booking atau scan barcode di komputer yang telah disediakan di area stasiun, PT Kereta Api juga menempatkan para petugas yang selalu siaga membantu bagi para penumpang yang belum terbiasa dengan sistem baru tersebut.

Ternyata Kereta Api Kelas Ekonomi Itu Nyaman

Pengalaman saya beberapa waktu lalu menaiki kereta api kelas ekonomi cukup memuaskan, karena meskipun kelas ekonomi, namun tidak kalah nyaman dengan kelas eksekutif dan juga bisnis. Pada kereta ekonomi yang saya naiki, yaitu kereta api Progo jurusan Lempuyangan (Yogyakarta) - Pasar Senen (Jakarta) telah dilengkapi dengan penyejuk ruangan (AC) pada setiap gerbongnya, dan bagi penumpang yang ingin memesan makanan, minuman ataupun menyewa bantal dapat langsung menghubungi petugas diatas kereta. Untuk sewa bantal tidur sekali jalan dibaderol Rp 10 ribu, untuk segelas kopi atau teh dibanderol dengan harga Rp 8 ribu, dan jika ingin memesan makanan harganya berkisar antara Rp 20 ribu - Rp 30 ribu. Namun jika harga tetsebut dirasa cukup mahal, ada baiknya membawa bekal sendiri atau membeli di minimarket diarea stasiun yang harganya relatif standar. Perbedaan antara kereta api kelas Ekonomi dengan kelas eksekutif dan bisnis, menurut saya hanya pada jumlah kursi. Jika kelas ekonomi susunan kursi kanan dan kiri adalah 3 dan 2, dan untuk kelas eksekutif dan bisnis susunan kursinya yaitu 2 di kanan dan 2 di kiri serta lebih empuk tentunya, namun ada beberapa kereta api kelas ekonomi yang memiliki susunan kursi seperti kelas eksekutif dan bisnis, namun harga tiketnya lebih mahal dibanding ekonomi biasa, selisih antara Rp 20 ribu - Rp 100 ribu. Pada masing-masing kursi baik kelas ekonomi, eksekutif dan bisnis juga dilengkapi dengan colokan listrik yang disediakan untuk charge handphone ataupun laptop.

Perbaikan fasilitas ini tentunya harus didukung oleh masyarakat pengguna jasa Kereta Api, dengan bersama-sama saling menjaga, merawat dan tidak melakukan tindakan yang dapat menimbulkan kerusakan fasilitas. Agar dapat transportasi yang nyaman dan aman dapat sama-sama kita nikmati.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon